Choose Your Color

Pengumuman

Penting

Saat ini akun instagram @fkmthi_nasional di ambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kami sedang mencoba untuk memulihkan, kepada pengunjung diharapkan untuk tidak terprovokasi dan terhasut oleh postingan terbaru di instagram kami.

Informasi

Pengumuman

Jelang Tadarus Nusantara Ke-VI, Pengurus Pusat FKMTHI Gelar Webinar Hadis Bersanad

Jelang Tadarus Nusantara Ke-VI, Pengurus Pusat FKMTHI Gelar Webinar Hadis Bersanad

  • 2022-04-20 21:34:05
  • Administrator
  • Pengumuman

fkmthi.com - Dalam rangka semarak acara Tadarus Nusantara Ke-VI, Pengurus Pusat Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) menggelar webinar  Membaca Kitab Hadis Bersanad, Kitab Shahih al-Bukhari Bab Puasa.

Acara yang berlangsung pada Kamis, 14 April 2022 itu menghadirkan Dr. KH. Ahmad Fudhaili Hasyim sebagai narasumber.

Dr. KH. Ahmad Fudhaili merupakan Pakar Hadis UIN Syarif Hidayatulah, dan pemegang sanad hadis kutubussittah.

Dr. KH. Ahmad Fudhaili menceritakan bahwa dahulu dirinya mendapat ijazah sanad Shahih Bukhori  ketika telah mengkhatamkan 2 kali pembacaan kitab.

“Saya dulu mengkhatamkan kitab tersebut selama 4 tahun, yaitu dari tahun 1996 hingga 2000,” katanya.

Ia mengatakan bahwa, pada zaman sekarang ini bisa sangat mudah mendapatkan sanad, contoh nya seperti pada kegiatan webinar ini.

“Para peserta hanya mempelajari bab puasa pada kitab Shahih Bukhori, kemudian para peserta diberi ijazah sanadnya,” ujarnya.

Dr. KH. Ahmad Fudhaili menjelaskan, puasa merupakan ajang latihan untuk menjadi orang yang tidak mengharapkan pahala.

“Ada 3 tingkatan orang dalam beribadah, yakni di antaranya orang yang matrealistis, orang yang koneksialis, dan orang yang mukhlis,” ucapnya.

Di akhir kegiatan ini, para peserta mendapatkan ijazah sanad dari Dr. KH. Ahmad Fudhaili yang diawali dengan pembacaan sanad Musalsal bil Awwaliyah dan di lanjut ijazah Al-Jami’ as-shohih lil imam al hafidz abi ‘abdillah Muhammad bin isma’il bin Ibrahim bin al-mugirah al-Ja’fi al-Bukhari.

Kemudian, peserta menerima ijazah dengan jahr dengan mengucapkan “Qobiltu” secara bersama-sama. (Sofhal)