Choose Your Color

Pengumuman

Penting

Saat ini akun instagram @fkmthi_nasional di ambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kami sedang mencoba untuk memulihkan, kepada pengunjung diharapkan untuk tidak terprovokasi dan terhasut oleh postingan terbaru di instagram kami.

Informasi

Pengumuman

Pengurus FKMTHI DIY-Jateng Periode 2022-2023 Resmi Dilantik

Pengurus FKMTHI DIY-Jateng Periode 2022-2023 Resmi Dilantik

  • 2022-06-20 22:31:13
  • Administrator
  • Pengumuman

Fkmthi.com, Salatiga – Pengurus Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) Wilayah DIY-Jateng Periode 2022/2023 belum lama resmi dilantik.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu bertempat di auditorium gedung KH Hasyim Asy’ari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Sabtu, (18/6/2022).

Tidak hanya Pelantikan, acara ini juga sekaligus Musyawarah Kerja Wilayah (Musykerwil), Seminar Nasional, dan Upgrading pengurus oleh para demisioner, serta ditutup dengan Rapat Program Kerja.

Mohamad Maulana Khoirur Rifki, selaku Koordinator Wilayah FKMTHI DIY Jateng mengaku sangat tidak menyangka dengan kesuksesan acara seminar dan Musykerwil ini.

"Dua hari sebelum acara itu saya sempat prustasi, saya pikir kawan-kawan tidak akan mau untuk datang jauh-jauh ke Salatiga hanya untuk sekedar pelantikan dan Musykerwil saja, namun perkiraan saya salah. Justru sebaliknya, calon pengurus yang sudah dilantik itu bahkan memiliki antusias yang besar,  mereka selalu mendokumentasikan perjalanan mereka ke lokasi di grup WhatsApp kepengurusan. Hal inilah yang membuat saya terharu," ungkapnya.

Islah Gusmina selaku pemateri pertama dalam seminar mengatakan, bahwasanya ilmu Al-Qur'an dan Tafsir merupakan sebuah disiplin ilmu yang harus dibarengi dengan penyeimbangan berbagai skill seperti Critical Thinking and Creativity.

"Kalian sebagai anak tafsir itu wajib memiliki pemikiran yang kritis dan jiwa yang kreatif untuk menyempurnakan keilmuan tafsir mu itu," ucapnya.

Tidak jauh berbeda dengan pemateri pertama, Muhamad Rikza selaku pemateri kedua yang bertugas menyampaikan materi tentang hadis pun mengatakan bahwa, mahasiswa Tafsir Qur'an tidak akan lengkap jika tidak disandingkan dengan mahasiswa Hadis.

"Jangan salah, Al-Qur'an yang ada di diri kalian akan sempurna jika dibarengi dengan Ilmu Hadis, maka dari itu, mari kita seimbangkan keilmuan tafsir kita dengan hadis Nabi," tuturnya.

Setelah kegiatan seminar, acara ini dilanjutkan dengan pemberian amanat oleh salah satu staff di kementerian agama Salatiga serta pelantikan pengurus oleh Sapri Aziz sebagai wakil dari pihak pengurus  FKMTHI Nasional, dikarenakan Anas Munaji selaku ketua pengurus pusat FKMTHI tidak dapat hadir.

Rafli Maulana Ishaq salah satu pengurus baru sekaligus delegasi dari HMJ IAT UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan menegaskan, dirinya sangat siap berkhidmat untuk FKMTHI.

"Saya diberi tanggungjawab untuk menjadi pengurus, yang harus saya lakukan adalah melaksanakan amanat dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. (Rizqi)