Choose Your Color

Pengumuman

Penting

Saat ini akun instagram @fkmthi_nasional di ambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kami sedang mencoba untuk memulihkan, kepada pengunjung diharapkan untuk tidak terprovokasi dan terhasut oleh postingan terbaru di instagram kami.

Informasi

Pengumuman

David Krisna: Membaca Merupakan Ruh Ide Penulisan

David Krisna: Membaca Merupakan Ruh Ide Penulisan

  • 2023-02-18 22:55:06
  • Administrator
  • Pengumuman

Fkmthi.com: Tim Ahli Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI David Krisna Alka menegaskan bahwa membaca merupakan ruh utama untuk mendapatkan ide penulisan.

Tips jitu tersebut disampaikan David saat menyampaikan materi Menjaring ide, gagasan, dan isu penulisan dalam acara Pekan Kepenulisan yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) via Zoom Meeting pada Sabtu, 18 Februari 2023.

“Jika seseorang jarang membaca, maka akan sulit menemukan ide penulisan. Karena dalam proses membaca seseorang akan menemukan percakapan dan menemukan ide,” jelas David.

David menjelaskan, sebuah ide penulisan bisa datang kapan saja, bisa saat di perpustakaan maupun di media sosial. “Setelah menemukan ide, segeralah ditulis. Jika tidak maka akan cepat hilang,” ucapnya.

Selain membaca, lanjut David, sebuah ide penulisan juga bisa datang ketika berdiskusi. “Makanya, banyak tokoh Tafsir yang lahir dari berbagai forum diskusi,” ujar tenaga ahli ketua dan wakil ketua dewan pers 2022 itu.

Karenanya, ia mengimbau para mahasiswa untuk terus membudayakan tradisi diskusi. Dengan diskusi, diharapkan akan melahirkan banyak ide gagasan.

“Meski demikian, sebuah ide dari masing-masing orang beda cara. Karena, tiap orang memiliki karateristik penulisan sendiri,” tandasnya.